Jumat, 31 Maret 2017

4 VESPA ODONG-ODONG DI PULANGKAN KE JAWA


Kapolsek Gilimanuk Melakukan Pemeriksaan Vespa Odong-odong

Jajaran Lalu Lintas Polsek Kawasan Laut Gilimanuk, dipimpin Kapolsek Gilimanuk Kompol Agung Arka, menindak pengendara kendaraan bermotor vespa yang tidak sesuai peruntukannya alias vespa odong-odong, Jumat (31/03).

“Ada 4 vespa odong-odong yang kami amankan di Mapolsek karena tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan seperti yang diamanahkan dalam pasal 48 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Persyaratan teknis ini menyangkut tentang susunan, perlengkapan, ukuran, karoseri, rancangan dan sebagainya,” jelas Kompol Agung Arka.


Hasil pemeriksaan di Mapolsek Gilimanuk, para pengendara dan penumpang vespa odong-odong yang berjumlah 12 (dua belas) orang, rata-rata tidak memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) serta tanpa surat-surat kendaraan.

Panit Lantas Memberikan Himbauan Kepada Pengendara
“Dari 12 (dua belas) orang yang kami periksa, 3 (tiga) orang memiliki SIM namun sudah habis masa berlaku. Sementara mereka memiliki identitas lain seperti KTP.  Sehingga dengan sangat terpaksa  kami memulangkan mereka semua kembali ke daerah asal secara gratis, terang Kapolsek Gilimanuk, Kompol Agung Arka.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Jembrana AKP I Nyoman Sukadana, SH menilai kalau vespa yang dimodifikasi tersebut sangat tidak layak dan berpotensi kecelakaan.

“Motor modifikasi vespa odong-odong ini sangat tidak memenuhi kriteria keselamatan, selain spekteknya tidak sesuai, kondisi vespa yang sedemikian rupa sangat berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas,” jelasnya.

AKP I Nyoman Sukadana, SH juga menambahkan bahwa pihaknya akan menindak seluruh pengguna jalan yang tidak mendukung terciptanya Kamseltibcarlantas.

“Kalau mau memodifikasi, silahkan gunakan pada tempatnya, tetapi kalau sudah menggunakan fasilitas jalan umum, terpaksa kami tindak, karena sebagai pengguna jalan kita harus menghormati hak-hak pengguna jalan lainnya,” tegasnya.
Pengendara Vespa Odong-odong dipulangkan ke daerah asal