Jumat, 31 Maret 2017

Samsat Jembrana Berkomitmen Bebas dari Pungli dan Calo

Guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat khususnya di lingkungan Samsat Jembrana, Polres Jembrana telah melakukan langkah-langkah antisipasi untuk memerangi dan menekan praktek percaloan dan pungli.

Kanit Regident Satlantas Polres Jembrana Iptu Wahyu Joko Nugroho, SIK mengatakan bahwa jajarannya bersama pihak Dispenda dan Jasa Raharja telah berkomitmen untuk bersama-sama mengantisipasi percaloan dan pungli, di antaranya dengan melakukan pengawasan internal dan pemasangan spanduk.

Personel dari Sie Propam ikut mengawasi Pelayanan
Pengawasan internal dilakukan melalui koordinasi dengan Sie P3D/Propam dengan menempatkan personel mereka agar ikut mengawasi proses pelayanan pada Samsat Jembrana.

Kanit Regident menambahkan, langkah lainnya dilakukan dengan memasang spanduk-spanduk himbauan agar para wajib pajak mengurus senidiri samsat mereka.

“Kita sudah tempatkan satu personel sebagai pemandu pelayanan di pintu masuk untuk memberikan segala informasi yang berhubungan dengan samsat. Mekanisme dan rincian PNBP juga sudah kita pasang supaya masyarakat mengetahui nominalnya. Spanduk himbauan juga sudah kita pasang agar wajib pajak tidak mengurus samsat mereka melalui calo,” tambah Kanit Regident.

Spanduk Himbauan Bebas Calo di jalan pintu masuk
Spanduk Himbauan Bebas Calo di jalan menuju Ruang Tunggu
Pemasangan tarif PNBP juga dilakukan terkait dengan sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Tarif PNBP yang berlaku pada Polri. Polres Jembrana juga melakukan sosialisasi secara lisan dan berkala kepada wajib pajak di ruang tunggu agar mereka mengetahui tentang PNBP baru dan memiliki keberanian untuk mengurus samsat mereka sendiri tanpa melalui calo.